SUBSCRIBE

Cara Kerja Motor Listrik Yang Perlu Kalian Ketahui

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

Fajar Motorider – Cara Kerja Motor Listrik berbeda dengan motor konvensional yang menggunakan bahan bakar fosil. Seperti namanya, motor listrik mengubah energi listrik menjadi energi mekanis atau energi gerak sehingga motor dapat melaju di jalan.

Yang perlu kalian ketahui pada motor listrik ada beberapa komponen utama yang digunakan seperti baterai, controller, rotor dan stator. Komponen tersebut juga sering kita temui pada perangkat elektronik rumah, contohnya, mesin pompa air, kipas angin, blender, gerinda listrik, bor listrik dan lain-lain.

Selain itu, ada beberapa prinsip kerja motor listrik yang umum digunakan. Yang pertama ada prinsip kerja motor listrik DC (Direct Current), Induksi, dan Sinkron. Ketiganya memiliki prinsip kerja yang sama. Namun prinsip kerja motor listrik ditentukan berdasarkan besaran interaksi medan magnetnya. 

Nah untuk menjawab detail komponen dan cara kerja motor listrik kalian bisa menyimak penjelasan berikut.

Komponen Utama Penggerak Motor Listrik

Ilustrasi Rotor dan Stator

Seperti yang sudah di jelaskan di atas, pada motor listrik terdapat komponen utama yang menjadi penunjang penggerak motor listrik itu sendiri, diantaranya ada baterai, controller, rotor dan stator. Berikut ini penjelasannya:

  • Baterai: Komponen utama yang pertama adalah baterai. Seperti yang kita ketahui baterai berfungsi untuk menyimpan energi listrik. Pada umumnya baterai motor listrik ditempatkan di dalam rangka atau di bawah jok motor yang tertutup. Baterai harus di isi atau di cas bila energinya sudah habis.
  • Controller: Controller juga tidak kalah penting dalam komponen pada motor listrik. Fungsinya untuk mengatur aliran energi yang di salurkan dari baterai ke motor. Sehingga pengendara bisa mengatur laju motor sesuai keinginan.
  • Rotor dan Stator: Dan komponen utama yang terakhir adalah rotor dan stator. Rotor merupakan bagian yang dapat berputar pada sumbu rotor. Perputaran rotor di sebabkan karena adanya medan magnet dan lilitan kawat email pada rotor. sedangkan stator adalah bagian yang justru tidak dapat berputar dan terdiri dari kumparan medan dan rangka. Prinsip kinerjanya sendiri menggunakan fenomena elektromagnet.

Prinsip Kerja Motor Listrik

Setelah mengetahui komponen utama penggerak motor, kalian juga perlu mengetahui jenis prinsip kerja motor listrik. Saat ini ada 3 jenis yang umum digunakan, simak selengkapnya:

Prinsip Kerja Motor Listrik DC (Direct Current)

Yang pertama adalah prinsip kerja DC (Direct Current) atau satu arah, selain itu ada juga yang namanya AC (Alternatif Current) arus bolak balik atau dua arah. Motor listrik DC bekerja berdasarkan prinsip gaya elektromagnetik yang memanfaatkan interaksi antara medan magnet dan arus listrik.

Prinsip Kerja:

  1. Aliran Listrik: Arus listrik DC dari sumber (misalnya baterai) mengalir melalui sikat karbon ke komutator.
  2. Magnetisasi Kumparan: Arus listrik yang mengalir pada kumparan jangkar akan menghasilkan medan magnet pada kumparan tersebut.
  3. Gaya Lorentz: Sesuai dengan prinsip gaya Lorentz, interaksi antara medan magnet yang dihasilkan kumparan jangkar dan medan magnet tetap dari stator akan menghasilkan gaya pada kumparan. Arah gaya ini ditentukan oleh arah arus listrik dan arah medan magnet, sesuai dengan aturan tangan kiri Fleming.
  4. Rotasi: Gaya yang dihasilkan menyebabkan kumparan jangkar berputar.
  5. Komutasi: Komutator dan sikat karbon bekerja secara terus-menerus untuk membalikkan arah arus listrik pada kumparan jangkar saat rotor berputar. Ini memastikan bahwa gaya yang dihasilkan selalu searah dengan rotasi yang diinginkan.

Melalui interaksi berkelanjutan antara medan magnet dan arus listrik, motor listrik DC akan menghasilkan putaran pada poros rotor.

Prinsip Kerja Motor Listrik Induksi

Motor listrik induksi bekerja berdasarkan prinsip induksi elektromagnetik, di mana arus listrik diinduksi pada konduktor (rotor) akibat perubahan fluks magnet. Adapun jenis-jenis motor induksi diataranya, motor induksi satu frasa dan motor induksi tiga frasa.

Prinsip Kerja:

  1. Medan Magnet Berputar: Ketika arus AC dialirkan ke belitan stator, akan menghasilkan medan magnet yang berputar. Medan magnet ini berputar dengan kecepatan sinkron, yang ditentukan oleh frekuensi tegangan AC dan jumlah kutub stator.
  2. Induksi Elektromagnetik: Medan magnet berputar yang dihasilkan stator memotong konduktor pada rotor. Sesuai dengan hukum Faraday, perubahan fluks magnet ini akan menginduksi tegangan pada konduktor rotor.
  3. Arus Listrik pada Rotor: Tegangan yang diinduksi pada rotor menyebabkan arus listrik mengalir pada konduktor rotor. Arus ini disebut arus induksi.
  4. Gaya Lorentz: Interaksi antara medan magnet berputar dan arus induksi pada rotor menghasilkan gaya Lorentz. Gaya ini menyebabkan rotor berputar dalam arah yang sama dengan medan magnet berputar.
  5. Kecepatan Rotor: Kecepatan rotor selalu sedikit lebih lambat daripada kecepatan sinkron medan magnet stator. Perbedaan kecepatan ini disebut slip.

Motor induksi akan menghasilkan putaran pada poros rotor yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Kecepatan putaran dapat dikontrol dengan cara mengatur frekuensi tegangan AC yang diumpankan ke stator.

Prinsip Kerja Motor Listrik Sinkron

Motor listrik sinkron bekerja berdasarkan prinsip interaksi elektromagnetik antara medan magnet stator dan rotor, yang berputar pada kecepatan yang sama (sinkron).

Prinsip Kerja:

  1. Medan Magnet Berputar: Ketika arus AC dialirkan ke belitan stator, akan menghasilkan medan magnet yang berputar. Medan magnet ini berputar dengan kecepatan sinkron, yang ditentukan oleh frekuensi tegangan AC dan jumlah kutub stator.
  2. Interaksi Elektromagnetik: Medan magnet berputar stator menginduksi tegangan pada elektromagnet rotor.
  3. Arus Listrik pada Rotor: Tegangan yang diinduksi pada rotor menyebabkan arus DC mengalir pada elektromagnet rotor.
  4. Gaya Lorentz: Interaksi antara medan magnet berputar stator dan arus pada elektromagnet rotor menghasilkan gaya Lorentz. Gaya ini menyebabkan rotor berputar dalam arah yang sama dengan medan magnet berputar.
  5. Kecepatan Sinkron: Rotor motor sinkron berputar pada kecepatan yang sama dengan medan magnet berputar stator (kecepatan sinkron).

Penutup

Nah itulah cara kerja motor listrik yang perlu kalian ketahui. Ini mungkin bermanfaat jika kalian ingin beli motor listrik tapi belum tahu cara kerjanya atau mungkin bermanfaat bila kalian mempunyai problem tentang motor listrik kalian. Jika kalian ada pertanyaan kalian bisa berkomentar di bawah.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

Fajar Motorider
Fajar Motorider

"Seorang yang hobi motoran dan suka dengan dunia otormotif roda dua. Jangan lupa follow semua media sosial dan baca artikel lainnya :)"

One comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *